Info SehatQ tentang 5 Hal Penyebab Terlambat Menstruasi


Siklus menstruasi dapat dipengaruhi oleh berbagai hal. Dikutip dari SehatQ.com dari pertanyaan di forum tanya dokter, siklus menstruasi yang normal setidaknya terjadi pada 21 hingga 35 hari sejak hari menstruasi terakhir.
 
Namun, terkadang sebagian perempuan mengalami keterlambatan siklus menstruasi hingga lebih dari satu bulan bahkan lebih. Padahal, kondisinya tidak sedang hamil. Tentu kondisi ini mengkhawatirkan karena kemungkinan ada sesuatu yang mengganggu tubuh.
 

Penyebab Terlambat Menstruasi

Berikut adalah beberapa penyebab keterlambatan siklus haid yang bukan berasal dari kehamilan:
 

1. Stres dan Keadaan Fisik

Masalah emosional dan kesehatan mental menjadi salah satu penyebab keterlambatan menstruasi. Stres merupakan reaksi tubuh terhadap kejadian yang menimpa seseorang. Manifestasi dari gejolak emosional tersebut dapat muncul secara beragam, termasuk terlambat haid.
 
Pada perempuan, stres dapat mengganggu kinerja otak di bagian hipotalamus, yaitu bagian untuk mengatur siklus haid. Karena bagian tersebut tidak berjalan sesuai dengan seharusnya, hormon untuk mengatur siklus haid menjadi timpang. Hal ini menjadikan menstruasi terhambat.
 
Keadaan fisik seperti kelelahan juga dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi. Kelelahan dapat mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron yang berfungsi sebagai pengatur siklus dan mengendalikan menstruasi.
 
Apabila Anda tidak lancar menstruasi setelah mengalami kejadian tertentu seperti tekanan pekerjaan, temukan sumber stres tersebut dan kendalikan stres Anda sehingga tidak mengganggu keseimbangan tubuh. Stres dapat dikendalikan melalui olahraga teratur, makan makanan dengan gizi seimbang, dan tidur secara teratur minimal delapan jam sehari.
 

2. Gangguan Hormon

Gangguan hormon dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi. Hormon yang mengatur menstruasi salah satunya adalah prolaktin. Apabila produksi dari hormon ini terganggu, maka hormon lain seperti estrogen dan progesteron juga akan terganggu sehingga menstruasi tidak teratur.
 
Terlambat haid dapat dipicu oleh sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS), suatu penyakit kelainan hormon. Kelainan ini terjadi pada sistem metabolisme tubuh yang mengganggu kinerja dan fungsi indung telur di ovarium.
 
Seseorang yang terkena PCOS akan mengalami gejala seperti meningkatnya berat badan secara drastis, timbul jerawat yang tidak terkendali, tumbuh rambut berlebihan di perut, dada, dan wajah, serta terlambat menstruasi.
 

3. Adanya Penyakit Organ Reproduksi Perempuan

Dikutip dari SehatQ.com pada kanal forum tanya dokter, keterlambatan menstruasi juga terjadi pada perempuan yang memiliki penyakit organ reproduksi. Salah satunya adalah kanker rahim. Kanker rahim termasuk kanker ginekologis. Selain kanker rahim, kanker ginekologis terdiri dari kanker serviks, kanker vagina, kanker vulva, dan kanker ovarium.
 
Kanker rahim pada stadium awal dapat menyebabkan keterlambatan haid. Tetapi, ketika stadium berubah dan semakin tinggi, maka dapat menyebabkan perdarahan saat menstruasi dan setelah menstruasi.
 

4. Gangguan Pada Tiroid

Kelenjar tiroid yang bermasalah juga dapat mengganggu kelancaran haid. Kelenjar ini memiliki fungsi sebagai metabolisme tubuh. Salah satu gejala ketika kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik adalah terlihat pada fisik. Tubuh akan terasa sangat lelah, perubahan berat badan secara drastis, sensitif terhadap perubahan suhu, dan mengalami kerontokan rambut.
 

5. Adanya Penyakit Kronis

Penyakit kronis dapat menjadi pemicu keterlambatan haid, salah satunya adalah diabetes. Pada seseorang yang memiliki diabetes, terutama diabetes tipe dua, insulin tidak dapat bekerja dengan benar sehingga kendali terhadap metabolisme gula dalam darah terganggu.
 
Karena gangguan pada insulin ini, menstruasi dapat melambat dan menyebabkan menopause dini. Insulin yang tidak berfungsi akan mengganggu fungsi hormon yang lain, termasuk dalam pematangan sel telur. Diabetes juga dapat mengganggu kesuburan pada laki-laki. Salah satu untuk mencegah diabetes adalah mengatur pola makan pada tubuh.
 
Menstruasi yang terlambat memang sangat mengganggu. Konsultasikanlah pada dokter untuk pemerikaan lebih lanjut. Anda juga dapat bertanya pada dokter secara jarak jauh melalui SehatQ.com pada kanal forum tanya dokter untuk pengetahuan dasar sebelum tindak lanjut ke dokter.

Belum ada Komentar untuk "Info SehatQ tentang 5 Hal Penyebab Terlambat Menstruasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel