7 Tips Berwisata Hemat ala Traveler

 
Menjadi pelancong tidak harus mengeluarkan dana besar. Anda dapat menerapkan strategi berhemat, salah satunya dengan memilih tiket pesawat Citilink yang termasuk LCC. Berwisata secara hemat memungkinkan Anda menjadi traveler dibandingkan menjadi turis. Dengan demikian, Anda tidak hanya menikmati keindahan suatu tempat baru, tetapi juga mengenal dan memahami budaya di tempat tersebut.
 
Dengan menjadi traveler, Anda akan mendapat pengalaman yang berbeda dan membuka sudut pandang yang berbeda sehingga liburan Anda akan lebih berkesan. Untuk berwisata secara hemat, ada sekitar tujuh tips yang dapat Anda terapkan.
 

1. Rencanakan Perjalanan

Perjalanan yang direncanakan dapat menghemat biaya dibandingkan ketika Anda melakukannya secara spontan. Pertama, Anda dapat menentukan kapan waktu berangkat sehingga bisa menyiapkan dana dan berapa lama Anda akan berlibur. Kedua, Anda bisa membuat daftar apa saja yang akan dilakukan selama berada di tempat baru tersebut dan memperkirakan dana untuk kegiatan tersebut.
 
Meski pada kenyataannya mungkin akan ada hal-hal yang spontan, setidaknya Anda memiliki panduan agar dapat mengeluarkan uang secara bijak. Untuk hal ini, Anda dapat menanyakan pada kolega, teman, atau saudara yang pernah mengunjungi tempat tersebut sebelumnya.
 

2. Memanfaatkan Promo Penginapan

Penginapan untuk berwisata tidak harus mahal, apalagi untuk wisata dengan dana terbatas. Tapi, apabila Anda ingin memanjakan diri dengan fasilitas hotel berkelas dan nyaman untuk tidur, Anda dapat mengalokasikan sebagian dana untuk penginapan.
 
Cara yang lain adalah Anda dapat memanfaatkan promo atau potongan harga hotel berbintang. Untuk mendapatkan harga promo ini, rajinlah memantau situs travel favorit Anda. Selain itu, Anda juga dapat mencari penginapan-penginapan estetik dan low budget melalui utas media sosial atau ulasan dari pelancong lain.
 

3. Penginapan dengan Dapur

Selain memantau promo atau potongan harga dari hotel berbintang, Anda juga dapat memilih hostel atau penginapan dengan dapur. Dengan demikian, Anda dapat menghemat biaya makan.
 
Manfaatkan dapur bersama di hotel atau penginapan untuk memasakan masakan yang praktis dan ringan seperti sandwich untuk sarapan, menyeduh minuman, atau sekadar membuat mie instan. Dapur umum di hotel biasanya membuka peluang untuk bertemu dan berkenalan dengan pelancong lain.
 

4. Penerbangan LCC

Agar wisata lebih hemat pilihlah penerbangan dengan maskapai LCC. Ada beberapa penerbangan LCC yang mendapat pelayanan kelas internasional mulai dari bandara seperti para pemegang tiket pesawat Citilink. Hal ini karena Citilink mulai 23 Juli 2020 lalu, beralih ke Terminal 3 di Bandara Soekarno-Hatta.
 

5. Memilih Low Season

Untuk mendapatkan tiket pesawat yang murah dan mendapat harga bersahabat di penginapan, rencanakan liburan Anda saat low season atau masa ketika tidak ada hari libur panjang. Pilihlah tanggal dan bulan yang kira-kira tidak banyak dikunjungi oleh orang lain. Dengan demikian, Anda akan lebih memangkas pengeluaran.
 

6. Membawa Tas Secukupnya

Membawa tas dan perlengkapan diri secukupnya adalah salah satu cara untuk berhemat. Tas besar seperti koper akan memicu Anda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Jika Anda ingin membeli barang untuk memorabilia, belilah satu atau dua benda yang tidak memenuhi tempat dan mudah dibawa.
 
Apabila Anda ingin memberikan oleh-oleh, buatlah daftar prioritas siapa yang akan mendapat oleh-oleh.
 

7. Tidak ke Tempat Wisata Mainstream

Akan lebih menguntungkan jika Anda sudah memiliki kenalan dari tempat tujuan karena dapat menunjukkan di mana tempat-tempat yang sebenarnya bukan spot untuk turis tetapi khas dan memiliki budaya yang kental.
 
Tempat-tempat yang hanya diketahui oleh penduduk setempat biasanya lebih murah karena tidak menggunakan “harga turis”.
 
Bagi para pemegang tiket pesawat Citilink, Anda telah menghemat pengeluaran liburan. Dengan demikian, Anda akan mendapat dana tambahan untuk yang lain.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Berwisata Hemat ala Traveler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel