Mengenal Penyebab Umum Trikotilomania Pada Keluarga

sumber gambar : hellosehat.com
Trikotilomania diperkirakan mempengaruhi hingga 4% dari populasi umum. Ini dapat mempengaruhi pria dan wanita dari segala usia tetapi lebih sering terjadi pada anak-anak daripada pada orang dewasa. Puncak onset biasanya terjadi pada tahun-tahun pra-sekolah dan juga pada awal masa remaja, biasanya sekitar masa pubertas. 

Pada anak-anak, trikotilomania mempengaruhi anak laki-laki dan perempuan secara merata tetapi dengan bertambahnya usia, hal ini terlihat lebih sering pada wanita. Tidak jelas apakah ini karena wanita lebih cenderung mencari pengobatan. Laki-laki juga dapat menyamarkan tarikan rambut seperti kebotakan pria dan dengan mencukur. 

Penyebab Trikotilomania 

Ada bukti bahwa trikotilomania dapat berjalan dalam keluarga, yang berarti bahwa entah bagaimana ada penyebab genetik. Tetapi tidak semua orang dengan orang tua yang menarik rambut mereka akan mengalami kondisi ini. Biasanya, perkembangan trikotilomania disebabkan oleh salah satu dari yang berikut: 

Kecemasan dan Stres Penyebab trikotilomania yang paling umum dan paling sering adalah kecemasan dan stres. Tetapi mengapa kecemasan dan stres menyebabkan rambut rontok? Peneliti tidak yakin. Tampaknya mirip dengan kutu terkait kecemasan lainnya, seperti kuku Anda atau mengguncang kaki Anda. Tampaknya ada sesuatu tentang dorongan menarik rambut yang orang temukan menenangkan. Mungkin rasa sakit ringan yang ditimbulkan oleh rambut menyebabkan beberapa jenis "perasaan senang" yang terjadi pada tingkat kimiawi. Namun demikian, dorongan untuk menarik rambut tampak lebih kuat ketika seseorang memiliki kecemasan dan stres. Ada bukti bahwa itu memiliki efek menenangkan pada saraf. 

Kompulsi OCD Meskipun gangguan obsesif kompulsif adalah gangguan kecemasan, ia layak mendapatkan tempatnya sendiri sebagai penyebab penarik rambut. Gangguan kompulsif obsesif terjadi ketika obsesi seseorang (pikiran kronis) menuntun mereka untuk mengembangkan kebiasaan untuk membantu mereka menghentikan pikiran-pikiran itu, yang dikenal sebagai "kompulsi." Sekali lagi, tidak sepenuhnya jelas mengapa menarik rambut adalah kebiasaan, bukan beberapa paksaan lain, tetapi tampaknya lebih umum pada mereka yang menderita OCD. 

Membahayakan Diri Sendiri Ada beberapa yang percaya bahwa trikotilomania adalah bentuk melukai diri sendiri, seperti gangguan pemotongan dan melukai diri sendiri. Ini mungkin benar dalam kasus-kasus tertentu, tetapi kemungkinan jarang inilah masalahnya. Meskipun mencabut rambut dapat menyebabkan rasa sakit sesaat (yang, seperti dalam kasus gangguan mencelakai diri sendiri, beberapa orang melakukan "hanya agar mereka dapat merasakan kesibukan"), rasa sakit biasanya tidak terlalu terasa dan hubungan antara keduanya adalah paling lemah. Ada kemungkinan bahwa beberapa orang menarik rambut mereka sebagai bentuk melukai diri sendiri, tetapi sebagian besar kasus akan terkait dengan stres. 

Beberapa orang juga menarik rambut mereka karena bosan, di mana mereka tenggelam dalam pikiran dan tangan mereka tidak yakin apa yang harus dilakukan. Menariknya, ada bukti bahwa mereka yang bosan mengalami efek rangsang ketika mereka menarik rambut mereka, meskipun mereka yang mengalami kecemasan mengalami efek menenangkan. 

Jika sepertinya penyebab trikotilomania tidak sepenuhnya jelas, itu karena tidak. Tampaknya tidak ada alasan khusus mengapa orang memilih untuk menarik rambut mereka. Tetapi tidak ada alasan yang jelas bahwa beberapa orang menggigit kuku mereka, namun jutaan orang melakukannya. 

Kemungkinan besar, itu adalah perilaku naluriah yang tersisa dari hari-hari kita sebagai primata. Mungkin pria purba perlu mencabut rambut untuk kenyamanan, dan meskipun pria modern dapat mencukur dan mendapatkan potongan rambut, naluri dipicu oleh stres. 

Apa pun penyebabnya, mereka yang memiliki trikotilomania umumnya tidak ingin memiliki kebiasaan itu, tetapi: 
  • Rasakan terlalu banyak keinginan untuk melakukannya dan menyerah. 
  • Jangan menyadari bahwa mereka menarik rambut mereka saat mereka menariknya. 
  • Pada akhirnya dapat berkembang menjadi kebiasaan umum, dan sekali sesuatu menjadi kebiasaan, menjadi jauh lebih sulit untuk dikendalikan tanpa bantuan. 
Tidak ada penyebab pasti trikotilomania, tetapi cara saat ini memandang trikotilomania adalah sebagai penyakit medis. Satu teori pada tingkat biologis adalah bahwa ada beberapa gangguan dalam sistem yang melibatkan salah satu kurir kimia antara sel-sel saraf di bagian otak. Mungkin juga ada kombinasi faktor-faktor seperti kecenderungan genetik dan stres atau keadaan yang memperburuk; seperti banyak penyakit lainnya. Lebih lanjut, trikotilomania bisa menjadi gejala yang disebabkan oleh faktor-faktor berbeda pada individu yang berbeda seperti halnya batuk dapat dihasilkan oleh banyak masalah medis yang berbeda. Menemukan penyebabnya akan membutuhkan lebih banyak penelitian. 

Usia onset yang paling umum adalah pada remaja sebelum dewasa muda. Rata-rata, biasanya antara 9 dan 13 tahun, dengan puncaknya antara 12 dan 13 tahun. Ada kemungkinan bahwa menarik rambut dapat dilihat pada bayi, tetapi perilaku ini biasanya hilang pada awal perkembangan. Timbulnya gangguan ini dapat didahului atau disertai oleh berbagai keadaan emosional, seperti perasaan cemas atau bosan. Peristiwa stres seperti pelecehan, konflik keluarga, atau kematian juga dapat memicu trikotilomania. Mungkin juga membantu untuk membuka tentang trik Anda kepada orang-orang yang Anda percayai, karena menyembunyikannya terkadang dapat membuat kecemasan Anda semakin buruk. 

Sumber :
https://www.nhs.uk 
https://www.calmclinic.com 
https://www.mhanational.org 
https://dermnetnz.org 

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Penyebab Umum Trikotilomania Pada Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel