Pembangunan Jalan Pertanian Swadaya di Pangandaran Berharap Bantuan Pemerintah


Warga di Dusun Citarunggang Desa Pangkalan Kabupaten Pangandaran setiap malam saling gotong royong untuk melakukan pembangunan jalan pertanian. Warga sudah mengerjakan pembangunan jalan sejauh 2,5 Km dengan dana Swadaya dari masyarakat. Alat yang dipakai pun hanya sekadarnya yang mereka miliki. 

Pembangunan Jalan Pertanian di Pangandaran Oleh Swadaya Masyarakat 

Keinginan dari masyarakat di Dusun Citarunggang ini patut diapresiasi. Seperti yang diungkapkan oleh Nandang selaku Kepala Desa Pangkalan. 

Umumnya masyarakat yang ikut membangun jalan, di siang harinya masih harus melakukan kegiatan harian dan baru di malam hari mereka punya waktu untuk bekerja sama membangun jalan pertanian yang akan membantu petani menjalankan aktivitasnya. 

Pembangunan Jalan Pertanian ini merupakan upaya masyarakat untuk memudahkan petani dalam mengolah tanah serta supaya kendaraan roda 4 untuk bisa mendekat ke sawah dan lebih cepat mengangkut hasil panen dari para petani. Nandang selaku Kepala Desa Pangkalan menyampaikan apresiasinya dan juga mengatakan bahwa masyarakat sudah lebih dari satu bulan bekerja membangun jalan pertanian yang memiliki panjang kurang lebih 2,5 KM ini. 

Pendapat lain diutarakan Ahmad Sobari seorang tokoh pemuda dari dusun Citarunggang yang mengaku bahwa aksi pembangunan jalan pertanian ini upaya membuat pemerintah mau peduli dengan kebutuhan rakyat sehingga harapannya akan ada bantuan dari pemerintah. Ahmad menyampaikan bahwa mayoritas penduduk bermata pencarian petani jadi dengan adanya jalan pertanian ini jelas mereka akan sangat terbantu. 

Pembangunan Jalan Pertanian di Dusun Citarunggang yang dilakukan warga masih sebatas membuat badan jalan saja sedangkan untuk pengerasan dan proses lainnya diharapkan pemerintah mau membantu. Pembangunan jalan-jalan pertanian di desa yang ada di Kabupaten Pangandaran ini sebaiknya dijadikan program kerja prioritas dari pemerintah daerah supaya manfaat bantuan yang diberikan bisa dirasakan langsung oleh rakyat. 

Pemerintah Daerah di berbagai negara di Indonesia seperti di Banjar contohnya juga berupaya untuk membantu para petani dengan membangunkan jalan pertanian. Adanya jalan Pertanian ini sebagai wujud dari kesadaran pemerintah bahwasanya petani perlu mendapatkan bantuan supaya produktivitasnya semakin meningkat. 

Data dari BPS atau Badan Pusat Statistika Kabupaten Pangandarandi tahun 2018 Pemerintah Pangandaran melalui Dinas Pertanian mengatakan bahwa PDRB atau Produk Domestik Ragional Bruto tertinggi dari Pangandaran adalah dari sektor pertanian. Pangandaranmemiliki luas tanah pertanian sampai 16.426 hektare. Luas tanah pertanian tersebut dirinci dari Kecamatan Langkaplancar luas tanah pertaniannya mencapai 2.269 hektar, menduduki posisi kedua luas tanah pertanian terbesar setelah Kecamatan Padaherang. 

Dengan potensi pertanian yang ada harusnya Pemerintah Kecamatan Langkaplancar memberikan perhatian khusus bagi kebutuhan petani yang ada di daerahnya. Salah satunya dengan pembangunan jalan pertanian. Ke depan diharapkan tidak hanya Dusun Citarunggang yang mengupayakan jalan pertanian tetapi juga semua dusun yang ada. 

Dua kecamatan di Pangandaran yang menjadi lumbung padi terbesar untuk Pangandaranyaitu Kecamatan Mangunjaya dan Kecamatan Padaherang. Data ini menjadi point penting yang harus diperhatikan oleh 9 kecamatan lain yang ada di Pangandaran supaya bisa meningkatkan produktivitas sektor pertaniannya. 

Tanah pertanian dibedakan menjadi 3 musim yaitu 1 kali panen dalam setahun, 2 kali panen dalam setahun dan 3 kali musim panen dalam setahun. Setiap musim memiliki komoditasnya masing-masing. Adanya pembangunan jalan pertanian seperti yang diupayakan oleh masyarakat Dusun Citarunggangharusnya menjadi perhatian pemerintah setempat. Bantuan yang diharapkan berupa logistik untuk bisa membangun jalan pertanian yang layak di lewati petani untuk kemudahan mengelola lahan. 

Harapan dari masyarakat Dusun Citarunggang seperti yang dikutip dari harapanrakyat.com adalah supaya dengan adanya badan jalan yang telah dikerjakan warga supaya menjadi warning bagi pemerintah untuk lebih memprioritaskan kebutuhan petani khususnya jalan pertanian ini. 

Masyarakat Dusun Citarunggang gotong royong membangun jalan di malam hari demi mewujudkan harapan dari petani untuk bisa mendapatkan akses jalan menuju lahan sawah yang lebih baik lagi. Dengan adanya pembangunan jalan pertanian proses pengelolaan hasil sawah akan semakin mudah karena kendaraan roda 4 bisa masuk sampai mendekati sawah. Petani tidak kesulitan membawa hasil panennya untuk kemudian dijual atau dibawa pulang ke rumah.

Belum ada Komentar untuk "Pembangunan Jalan Pertanian Swadaya di Pangandaran Berharap Bantuan Pemerintah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel