Memuluskan Kembali Kulit Dari Bekas Luka Dengan 5 Langkah Ini


Koreng tercipta dari keping darah serta protein yang mengeras serta membuat plak. Plak ini berperan jadi pelindung sepanjang cedera di bawahnya alami pemulihan. 

Koreng selanjutnya akan terkelupas dengan sendirinya demikian cedera sudah pulih. 

Tetapi, pengelupasan koreng bisa memerlukan waktu. Buat percepat proses itu, berikut deretan panduan yang dapat Anda aplikasikan: 

1. Tidak terkelupas sisa koreng 

Sisa koreng bisa memunculkan rasa gatal yang membuat Anda ingin menggaruk, atau serta mengelupasnya. Diluar itu, pinggir sisa koreng umumnya jadi kering terlebih dulu hingga terlihat seolah-olah cedera di bawahnya sudah pulih. 

Semua langkah yang Anda kerjakan untuk hilangkan sisa koreng malah jadi sia-sia bila Anda mengelupasnya. Masalahnya terkelupas sisa koreng cuma akan buka cedera yang belum pulih serta perlambat pemulihan. 

2. Mengompres hangat 

Kompres hangat berguna untuk tingkatkan saluran darah ke arah cedera. Dengan bertambahnya saluran darah, suplai oksigen juga ikut makin bertambah. Suplai oksigen yang cukup merangsang beberapa sel di seputar cedera untuk beregenerasi lebih cepat. 

Bila cedera dapat pulih secara cepat, sisa koreng akan hilang dalam sekejap. Untuk bikin kompres hangat, cukup sediakan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Lekatkan pada ruang cedera sepanjang 10-20 menit. 

3. Jaga kelembaban ruang cedera 

Langkah lain yang bisa menolong Anda hilangkan sisa koreng dengan jaga ruang cedera masih lembap. Bukan sekedar percepat pengobatan, hal ini menahan munculnya rasa gatal yang membuat Anda ingin terkelupas sisa koreng. 

American Academy of Dermatology merekomendasikan pemakaian petroleum jelly untuk melembapkan ruang cedera serta menahan terbentuknya sisa cedera yang semakin besar. Anda juga dapat memakai pelembap lain seperti minyak kelapa, losion, atau salep. 

4. Jaga kebersihan cedera 

Walau koreng mengisyaratkan cedera mulai berangsur pulih, ruang cedera yang lembap rawan pada infeksi bakteri. Infeksi akan menghalangi proses pengobatan, serta dapat jadi parah cedera yang telah ada. 

Bila cedera serta sisa koreng terserang kotoran, selekasnya membersihkan dengan air hangat serta sabun memiliki bahan mudah. Pakai lap lembut untuk menepuk-nepuk kulit sampai kering. Jangan menggosokannya handuk sebab bisa terkelupas sisa koreng. 

5. Tutup cedera cuma bila diperlukan 

Beberapa orang yakini jika langkah paling baik hilangkan sisa koreng dengan menutupnya. Walau sebenarnya, langkah berikut tidak seutuhnya pas. Anda perlu tutup cedera bila cedera alami robek, berdarah, atau keluarkan cairan tersendiri. 

Penutup cedera dibutuhkan jika Anda ialah orang yang benar-benar aktif olahraga. Maksudnya supaya sisa koreng tidak terkelupas karena gesekan dengan baju, anggota badan lainnya, atau perlengkapan olahraga. 

Pembentukan sisa koreng ialah step normal dari pengobatan cedera. Tanpa ada usaha perawatan sekalinya, sisa koreng bisa hilang dengan sendirinya demikian cedera di bawahnya sudah pulih. 

Walaupun begitu, banyak orang pasti merasakan tidak nyaman dengan rasa gatal karena sisa koreng dan pengaruhnya pada tampilan. Ke lima langkah di atas dapat menolong menangani permasalahan ini dengan percepat hilangnya koreng.

Belum ada Komentar untuk "Memuluskan Kembali Kulit Dari Bekas Luka Dengan 5 Langkah Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel