Langkah Amankan Pekerjaan Freelancer Dari Kejahatan Siber


Beberapa freelancer atau pekerja terlepas, umumnya seringkali berkomunikasi dengan orang yang tidak mereka mengenal, serta buka file yang hadir dari faksi yang tidak jelas. File-file itu umumnya berbentuk teks terjemahan, dokumentasi kodingan, atau gambaran gambar yang semestinya mereka bikin sendiri. 

Faktor-faktor itu membuat beberapa pekerja terlepas jadi target empuk buat aktor kejahatan siber dalam semua type. 

Periset keamanan belakangan ini temukan serangan aktif yang membidik orang yang mempunyai account di situs situs freelancer seperti Fiverr serta freelancer.com. Modus beberapa aktor yakni mengontak beberapa orang yang tercatat di situs itu dengan akui jadi orang yang ketertarikan dengan pekerjaan mereka. Beberapa aktor umumnya akan mengirim e-mail yang berisi tautan atau .doc detail pekerjaan itu. 

Ekstensi .doc sampai kini kita tahu jadi file dari Microsoft Office, tetapi jangan kira, siapa tahu didokumen itu telah berisi malware makrom, yakni malware tersembunyi di makro yang dipakai dalam dokumen MS Office. 

Malware makrom akan minta user untuk aktifkan feature makro yang ada pada MS Office. Dalam beberapa masalah serangan, ada satu program keylogger atau Trojan akses jarak jauh di computer mereka. 

Dengan keylogger atau RAT yang diinstal pada computer Anda, beberapa aktor kejahatan bisa lihat semua ketikan, terhitung login serta kata sandi yang sangat mungkin mereka mengambil account serta uang Anda. 

Karena itu, di bawah ini ialah beberapa panduan keamanan info untuk beberapa pekerja terlepas atau Freelancer. 

  • Jangan meng-install piranti lunak apapun yang diharapkan client, terkecuali bila Anda mengunduhnya dari sumber sah. 
  • Jangan buka dokumen berekstensi .exe atau dokumen yang bisa dilakukan yang lain, sebab punya potensi mempunyai beresiko. Bila di rasa butuh, yakinkan Anda telah memindai .exe itu dengan anti-virus. 
  • Jangan aktifkan macro di dokumen Microsoft Word, spreadsheet Excel, presentasi PowerPoint, dan lain-lain. Macro pada intinya ialah executable yang disembunyikan dalam file, serta beberapa aktor kejahatan sering menipu orang dengan mengirim dokumen yang nampaknya resmi tetapi sebetulnya memiliki kandungan malware. 
  • Siaga pada phising. Beberapa aktor kejahatan mungkin tertarik untuk memperoleh akses ke account Anda di beberapa situs seperti Freelancer atau Fiverr. Bila mereka terhubung account Anda, itu dapat menyebabkan kehancuran pada rekam jejak yang sudah sulit payah Anda bangun. Jadi cermati situs serta surat salah eja yang menekan Anda untuk masuk kembali atau kirim kredensial Anda pada satu orang dengan fakta apapun. 
  • Waktu dibayar langsung, jangan sampai mengirim photo kartu credit Anda pada siapa juga. jangan tunjukkan info penting seperti tanggal kedaluwarsa atau kode CVC / CVV (tiga digit di belakang kartu Anda). Mengirim info perbankan (seperti nomor kartu) saat satu orang butuh membayar Anda perlu, tapi lebih baik mengerjakannya dengan memakai aliran terenkripsi yang aman seperti WhatsApp, percakapan rahasia Telegram, atau aplikasi lain semacam itu. 
  • Instal anti-virus pada computer atau laptop Anda, serta yakinkan semua piranti lunak atau OS Anda telah dalam versus paling baru.

Belum ada Komentar untuk "Langkah Amankan Pekerjaan Freelancer Dari Kejahatan Siber "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel