Jangan Buru-Buru Beli, Ini 3 Kerugian Membeli Motor Bodong

Jangan-Buru-Buru-Beli-Ini-3-Kerugian-Membeli-Motor-Bodong

Motor bodong merupakan sebutan untuk motor yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat, meliputi STNK dan BPKB. Dari segi harga, harga jual motor bodong bisa sangat murah. Bagi sebagian orang, membeli motor bodong mungkin menguntungkan dari segi harga. Namun jika ditilik lebih jauh, membeli motor bodong juga memiliki kerugian. 

Buat kamu yang ingin beli motor bodong, coba deh dipikirkan sekali lagi keinginan tersebut. Berikut ini kerugian yang akan kamu dapatkan jika kamu membeli motor bodong. 

1. Ada kemungkinan dapat motor curian 

Ketika kamu membeli motor bodong, ada kemungkinan motor yang kamu dapatkan itu sebenarnya adalah motor curian. Penjual bisa saja mengatakan bahwa STNK dan BPKB-nya hilang atau rusak. Kamu sebaiknya jangan percaya dengan alasan itu meskipun harga yang ditawarkan sangat murah. 

Jika kamu membeli motor curian, kamu bisa dianggap sebagai penadah meskipun kamu tidak tahu sebenarnya bahwa itu adalah motor hasil curian. Risikonya, kamu bisa dipidanakan dengan ancaman hukuman 4 tahun. 

2. Motor tidak menjadi aset yang produktif 

Karena tidak ada STNK dan juga BPKB, motor bekas yang kamu beli tidak bisa dijadikan sebagai aset yang produktif. Motor hanya bisa dipakai sebagai transportasi di area yang terbatas. Kamu tidak bisa memakainya di jalan raya karena jika terkena tilang, kamu tidak bisa menunjukkan surat-surat kelengkapannya. 

Untuk dijadikan sebagai jaminan pun tidak bisa karena motor tidak dilengkapi dengan surat-surat. Padahal BPKB motor bisa dijadikan sebagai jaminan untuk mendapatkan pembiayaan tunai. 

3. Jual kembalinya susah 

Motor bodong jual kembalinya susah. Kalau kamu ingin jual motor bekas yang kamu beli, kamu akan kesulitan mendapatkan pembeli. Harga jualnya pun akan sangat turun karena tidak dilengkapi dengan surat-surat. Apalagi jika kondisi motor tidak terlalu bagus karena tidak terawat dengan baik. 

Demikian 3 kerugian yang akan kamu dapatkan jika membeli motor bodong. Harga jual motor bodong memang murah dan jauh di bawah harga pasaran. Tapi dengan segala risiko yang ada, tentu kamu akan berpikir dua kali sebelum membeli motor tanpa kelengkapan surat-surat ini.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Buru-Buru Beli, Ini 3 Kerugian Membeli Motor Bodong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel