Alternator adalah elemen penting di mobil yang bertindak jadi pembangkit listrik untuk penuhi keperluan listrik pada mobil. Peranan dari alternator dapat disebut sama-sama terkait dengan aki. 

Bila kapasitas alternator telah lemah atau bahkan juga mati keseluruhan, karena itu akan punya pengaruh pada aki tersebut. Memang, umumnya alternator akan mulai lemah atau mati keseluruhan saat mobil telah masuk umur di atas 100 ribu km.. 

Nah, buat Anda yang mungkin mobilnya telah mulai masuk umur km. itu, tidak ada kelirunya mulai memeriksa elemen itu. 

Drop-nya alternator memang susah diperkirakan, biasanya akan diikuti dengan lampu tanda aki yang menyala di instrumen kluster. 

Jika alternator itu susah diperkirakan lemahnya kapan, terkadang tiba-tiba nyala saja lampu tanda aki. Karena itu, jika lampu tanda aki itu menyala, itu belum pasti akinya yang lemah tetapi juga bisa alternator. 

Elemen alternator memang sama-sama terkait dengan aki mobil. Oleh karenanya, bila mempunyai pertanda aki lemah seperti lampu redup serta sulit starter, karena itu jangan cepat-cepat memvonis aki yang lemah atau drop, sebab bisa jadi itu dikarenakan oleh alternator yang lemah. 

Memang hampir seperti pertanda, sebab bila pengisian listrik di alternator lemah atau drop, maka berimbas pada lemahnya aki mobil. Nah, jika aki mobil lemah pasti kan starter akan berat, lampu redup dan sebagainya. 

Untuk memperbedakan pemicu lemahnya kelistrikan pada mobil, triknya cukup gampang. Bila mobil tidak dapat menyala, lakukan jumper pada aki mobil serta diamkan sekejap, seterusnya saat kabel jumper dilepaskan serta mobil mati, karena itu itu dikarenakan oleh lemah atau drop-nya alternator. Tetapi, bila kabel jumper dilepaskan serta mobil masih menyala, karena itu bisa diyakinkan itu dikarenakan oleh akinya saja yang lemah serta alternator masih juga dalam keadaan baik. 

Diluar itu, Untuk mobil-mobil usang yang alternatornya masih memakai voltage regulator karena itu dapat diikuti dengan bunyi 'dengung' atau 'decit'. Serta dengan fisik dapat disaksikan dengan alternator yang telah mulai gosong 

Untuk pastikan alternator lemah ataukah tidak, semestinya rutinlah check arus listrik pada aki mobil di bengkel sah. Cek dengan memakai alat penelusuran aki untuk tahu apa tegangan voltase-nya masih baik atau telah lemah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama